Jumat, 09 Mei 2014


Aliran Bahan Bakar Motor Diesel

Pada sistem bahan bakar mesin diesel, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar. Bahan bakar disaring oleh fuel filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan bakar dipisahkan oleh fuel sedimenter sebelum dialirkan ke pompa injeksi bahan bakar.

Rakitan pompa injeksi terdiri dari pompa injeksi, governor, timer dan feed pump. Ada dua tipe pompa injeksi : tipe distributor dan tipe in-line. Dengan digerakkan oleh mesin, pompa injeksi menentukan bahan bakar dan mengalirkan melalui delivery line ke injection nozzle, dan selanjutnya diinjeksikan ke dalam silinder menurut urutan pengapian.

1.      Pompa Injeksi In-Line


            Keterangan:
1)      Fuel tank (tangki bahan bakar)
2)      Fuel line (pipa bahan bakar)
3)      Priming pump (pompa priming)
4)      Feed pump
5)      Water Sedimenter dan Fuel filter
6)      Injection pump (pompa injeksi)
7)      Injection pipe (pipa injeksi)
8)      Injection nozzle (injektor)
9)      Over flow pipe (pipa pengembali)


Aliran bahan bakar adalah sebagai berikut:
Photobucket

2.      Pompa Injeksi Distributor (Rotari)


Keterangan
1)      Fuel tank (tangki bahan bakar)
2)      Fuel line (pipa bahan bakar)
3)      Water sedimenter dan fuel filter
4)      Priming pump (pompa priming)
5)      Injection pump (pompa injeksi)
6)      Injection pipe (pipa injeksi)
7)      Injection nozzle (injektor)
8)      Over flow pipe (pipa pengembali)



           Aliran bahan bakar adalah sebagai berikut:


Sumber : Sistem Bahan bakar motor diesel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar